Perbedaan Channa Maruliodes Borneo dan Sumatra

Perbedaan Channa Maruliodes Borneo dan Sumatra - Channa maruliodes adalah salah satu ikan hias yang populer di Indonesia. ikan gabus hias ini populer karena memiliki warna corak yang eksotis nan indah di bagian tubuhnya.
 
Kali ini iwakgalak.com akan sharing mengenai ikan channa maruliodes mulai dari karakteristik, makanan, cara perawatan, harga hingga cara membedakan channa Sumatera dengan channa Borneo. Simak ulasan berikut:
 
ikan channamaru liodes

Channa Maruliodes biasa disebut oleh para penghobi ikan predator dengan sebutan channa maru. Channa maru masih satu keluarga dengan ikan gabus. 

Channa maru banyak tersebar di perairan Indonesia, khususnya di daerah Kalimantan dan Sumatera. Tidak hanya di Indonesia, channa maru juga banyak tersebar di negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Malaysia dll.

Karakteristik


Karakteristik ikan ini sangat menarik, ikan channa maru memiliki tiga fase dikehidupanya. Pada fase pertama atau pada saat berukuran 3 - 10 cm warna channa maru masih gelap. Pada fase kedua berukuran 10 - 20 cm channa maru berwarna cokelat pudar seperti ikan gabus biasa. 

Pada saat fase ketiga atau saat dewasa berukuran 20 - 40 cm channa maru mulai memunculkan warna aslinya dan corak bunga teratai pun sudah mulai muncul. 


Seiring bertambahnya umur dan ukuran channa maru semakin memperlihatkan warna dan corak bunga yang eksotis. Nah, untuk warna channa maru tergantung dari masing masing daerah atau lokasinya. Berbicara soal ukuran dan panjang tubuh, ikan ini dapat mencapai panjang 65 cm saat dipelihara di aquarium. 

Tetapi di habitat aslinya, ukuran channa maru bisa mencapai lebih dari 65 cm. Ikan maru lebih menyukai tempat yang arusnya bergerak lambat dan Ph air yang rendah. Selain memiliki warna dan corak yang indah, channa maru juga memiliki kepala yang mirip seperti ular. 

Maka dari itu banyak penghobi yang menyebut ikan ini dengan sebutan Emperor SnackeHead. Maruliodes termasuk ikan yang kalem dan ramah, berbeda dengan jenis snakehead lainnya yang cenderung agresif dan susah di comtank.

Makanan Channa Maruliodes


Sebagai ikan predator, channa maru merupakan jenis hewan karnivora yang memakan hewan-hewan kecil seperti, ulat hongkong, cacing, jangkrik, udang, dan ikan-ikan kecil dsb. 
 
 
Jika channa maru sudah mulai dewasa bisa juga diberikan makanan yang berukuran sedang ataupun besar seperti, potongan daging ikan, atau daging ayam yang sekiranya dapat masuk dimulut ikan channa maru.

Perbedaan Channa Maruliodes Borneo dan Sumatra


Adapun perbedaan ikan maru Kalimantan dan ikan maru Sumatera, channa maru Kalimantan atau yang lebih dikenal dengan channa borneo, biasanya memiliki ciri warna hitam mencolok dan warnanya orange kemerah merahan. 

ikan channa maruliodes borneo dan harganya
Channa Borneo atau Kalimantan

Sedangkan channa maru sumatera motif ekornya berbentuk batik dan berwarna gelap. Dimasing masing wilayah habitat ikan maru cenderung mengikut atau mempengaruhi di masing-masing daerah tersebut. Ikan channa Maru sangat terkenal dikalangan penghobi ikan hias, terutama jenis ikan predator. 

ikan channa maruliodes sumatera dan harganya
Channa Sumatera

Harga Channa Maruliodes


Ikan yang terkenal dengan peregerakan yang anggun dan keindahan warna tersebut menjadikan ikan maru dibandrol harga cukup mahal dipasaran lokal. 

Harga ikan channa maru dewasa atau pada saat berukuran 30-50 cm, dibandrol sekitar 500 sampai 1 juta rupiah. Wah, cukup lumayan merogoh dompet kita sob. Bagaimana sobat? apakah kalian tertarik untuk merawatnya di rumah ? 

Baca Juga : Channa Maru Red Sampit dan Harganya

Perawatan Channa Maruliodes


Jika kalian tertarik untuk merawatnya, pastikan ada memiliki akuarium yang cukup lumayan besar untuk merawatnya dirumah mengingat ikan channa maru tumbuh mencapai 65 cm dan pastikan akuarium bagian atas kalian tertutup, jika tidak ditutup ikan channa maru dapat loncat hingga keluar akuarium.

Itulah tadi sekilas mengenai ikan channa serta perbedaan dari channa maru borneo dan channa maru sumatera. Jadi gimana sob, apakah anda tertarik untuk memeliharanya. Pastikan anda menghindari Kesalahan dalam memelihara ikan channa dan pelajari cara merawatnya.

Semoga bermanfaat sobat!

Ikuti terus informasi menarik mengenai ikan hias dan ikan predator di iwakgalak.com

Disana ada tips perawatan dan rekomendasi ikan peliharaan

Cek sekarang juga

0 Response to "Perbedaan Channa Maruliodes Borneo dan Sumatra "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel