Channa Pleurophthalma atau Ikan Selendang Mayang

Channa Pleuro atau Channa Pleurophthalma 

merupakan salah satu jenis ikan gabus yang dapat tumbuh mencapai ukuran 40 cm. Ikan ini biasa disebut juga dengan selendang mayang dan kerandang.

Channa Pleuro ternyata menjadi salah satu ikan konsumsi umum bagi masyarakat sumatera dan kalimantan. Tapi dimata kolektor ikan predator, si channa pleuro sangat menarik dipelihara untuk dijadikan pajangan dirumah.

Channa pleuro cukup diminati khususnya oleh para penghobi ikan predator. Warnanya yang eksotis dan tampang yang sangar menjadi nilai plus untuk si channa pleuro. Harganya berkisar antara 50-200 ribu rupiah per ekornya.

Ciri fisik Channa Pleuro


ukuran maximum ikan channa pleuro
Photo by Instagram/lunatic_snakeheadfish

Ikan channa pleuro memiliki warna hijau kebiru biruan. Selain itu, ia juga memiliki ciri khas berupa 2-3  bercak yang berwarna hitam di tubuhnya.

Jadi jika lihatt sekilas akan tampak seperti corak Peacocok Bass Orinoco yang memiliki spot warna hitam ditambahi warna keemasan di pingiran spotnya.

Makanan


Channa pleuro terbilang sangat rakus sama seperti jenis ikan ganus yang lainnya. Jika ada mangsa didekatnya langsung dilahap secepat kilat.

Baca Juga : Mengenal Ikan Largemouth Bass Si Predator dari Amerika Utara

Biasanya para penghobi ikan predator memberi pakan hidup seperti jangkrik, cacing, udang dan ikan-ikan kecil untuk menu utamanya. Tapi kalian juga bisa memberinya pakan berupa lele potong atau katak untuk variasi agar ikan channa pleuro tidak bosan.

Habitat dan Karakter


Ikan cantik ini bisa dengan mudah kita temui di perairan Indonesia khususnya wilayah Sumatra dan Kalimantan. Channa pleuro lebih suka tinggal di daerah sungai atau rawa-rawa yang mempunyai  air hitam namun bersih dan berarus lambat serta terdapat tumbuhan air yang berlimpah.

Baca Juga : 5 Jenis Ikan Channa Berdasarkan Daerah Asalnya

Ikan Pleuro termasuk jenis ikan yang sensitif, agresif dan gampang stress. Ikan channa pleuro memiliki sifat teritorial. Jadi tidak cocok untuk digabungkan dengan ikan jenis lainnya.

Perawatan Channa Pleuro


Bicara soal perawatan, ikan yang sangat cantik ini memang sedikit sulit di pelihara untuk kalian para pemula. Kenapa kok sulit? Karena jenis ikan ini sangat  mudah stres.

Jadi kalian perlu mempersiapkan kualitas air yang benar- benar layak dihuni si channa pleuro. Temperatur suhu juga perlu diperhatikan, biasanya di suhu 22-28˚C / 72-82˚F; pH 6-7.5.

Mengingat ikan ini mampu tumbuh besar, tentunnya kalian perlu akuriuam yang luas untuk merawatnya. Ukuran minimum akurium untuk ikan channa pleuro yaitu 1,5 meter.

Tapi, jika kalian memelihara berukuran dibawah 10 cm, perlu menambah ornamen seperti kayu dan batu-batuan untuk tempat si channa pleuro bersembunyi.

Baca Juga : 8 Jenis Ikan Pembersih Kaca dan Kotoran Akuarium atau Aquascape yang Paling Ampuh

Itulah tadi sekilas mengenai segala hal tentang ikan channa pleuro atau selendang mayang. Terlihat sangat elegan dan menarik bukan?  Sekian dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Channa Pleurophthalma atau Ikan Selendang Mayang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel