Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Ikan Louhan Hole In The Head (HITH)

Penyakit Ikan Louhan

Penyakit kepala ikan louhan berlubang atau biasa disebut hole in the head HITH masih menjadi mistery hingga saat ini.

Flowerhorn chiclid atau ikan louhan merupakan ikan hias yang memiliki corak warna yang indah serta memiliki keunikan berupa benjolan atau jenong dikepalanya. Namun jika sudah terkena penyakit keeksotisan dan keindahan ikan louhan akan hilang.

Penyakit Ikan Louhan

Untuk itu kita harus memperhatikan ikan setiap kali memberi pakan. Sebagian orang berpikir bahwa memelihara ikan hanya cukup dengan memberi pakan setiap hari. Kenyaatannya hal itu tidak cukup, kita juga harus menjaga kualitas air agar ikan sehat dan tentunya tidak gampang terkena penyakit.

Perilaku atau bahasa tubuh yang aneh bisa jadi isyarat bahwa ikan peliharaan kita sedang terkena penyakit. Dalam hal ini kita tidak perlu panik, identifikasi terlebih dahulu ikan terkena penyakit apa agar kita bisa mengobatinya dengan benar.

Baca Juga : Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

Salah satu penyakit yang sering menyerang ikan louhan yaitu hole in the head (HITH) atau kepala ikan berlubang.

Ciri Ikan Louhan Terkena Penyakit HITH

Ciri-ciri ikan louhan yang terkena penyakit HITH anatara lain: Terjadi pelebaran pori-pori di bagian kepala ikan, Lendir berwarna putih pada bagian lubang, Kotoran ikan berwarna putih atau biasa disebut berput, Warna ikan cendurung gelap, Ikan tidak nafsu makan, Perut ikan kembung atau membesar, Tubuh ikan menjadi kurus.

Penyebab Penyakit HITH


Penyebab penyakit lubang di kepala ini masih cukup misteri sampe sekarang. tapi ada beberapa teori yang menyebutkan tentang penyakit ini:

1. Protozoa Hexamita sp

Hexamita ini disebut2 menyedot nutrisi dari tubuh ikan, sehingga ikan tersebut kekurangan nutrisi dan kepalanya jadi berlubang. namun demikian, tidak semua penyakit lubang di kepala ini disebabkan oleh Hexamita sp.

2. Kekurangan Kalsium/Fosfor

lagi2 kekurangan kalsium / fosfor ini juga disebabkan karena adanya Hexamita sp yang menyerap kalsium / fosfor dari tubuh ikan. namun, semua pakan bermutu (pelet) telah menyediakan banyak kalsium / fosfor, sehingga mungkin jika ikan diberi pakan yg bermutu, tidak akan kekurangan kalsium / fosfor.

3. Kekurangan Vitamin C

kalau ada ikan yang sedang terkena penyakit lubang di kepala, maka mempersembahkan vitamin c dapat mempercepat penyembuhannya. oleh karena itu, muncul spekulasi bahwa kalau ikan kekurangan vitamin c dapat menyebabkan penyakit lubang di kepala. namun, setelah diteliti, ternyata kekurangan vitamin c ini tidak menyebabkan penyakit lubang di kepala.

4. Kekurangan Vitamin D

vitamin d berguna untuk menjaga tingkat kalsium dan fosfor di darah , sehingga kekurangan vitamin d diduga dapat menyebabkan lubang di kepala. Namun, teori ini juga dibantah karena setelah diteliti, ikan yang kekurangan vitamin d menderita lubang di kepala.

5. Stres

Ikan yang dihadapkan pada stres yang terus menerus, maka bisa jadi dia yang terkena penyakit lubang di kepala karena penurunan daya tahan tubuh sehingga mudah terinfeksi oleh Hexamita.

6. Karbon Aktif.

teori ini merupakan teori yang paling diperdebatkan, karena belum terbukti apakah penggunaan karbon aktif dapat menjalankan kejadian penyakit di kepala. satu versi dari teori ini mengatakan bahwa karbon aktif dapat menyerap vitamin dan mineral dari udara, sehingga ikan menjadi kekurangan nutrisi. 

Baca Juga : Cara mengobati penyakit dropsi pada ikan channa

Meskipun demikian, versi yang diragukan karena udara yang digunakan adalah udara keran biasa, maka tidak ada vitamin di sana. Selain itu, ikan juga menggantungkan pemenuhan nutrisinya pada pakan yang diberikan. 

Cara Mengobati

- Karantina ikan yang terkena penyakit tersebut.

- Anda harus rutin mengganti air sekitar 20% setiap 3 hari sekali.

- Beri tambahan 250 mg atau paragon II per 40 liter air sebagai obat pembasmi Hexamita.

- Naikkan suhu air sampai 27 derajat celcius.

- Beri pakan yang bervitamin dan berptotein tinggi.

Demikian tadi beberapa poin penting mengenai penyebab dan cara mengobati penyakit hole in the head yang bisa menyerang ikan louhan. Untuk itu kita harus merawat ikan hias kesayangan dengan semaksimal mungkin agar tidak terkena penyakit. Semoga bermanfaat !

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Ikan Louhan Hole In The Head (HITH) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel