Red Tail Catfish Si Ikan Lele Terbesar Dari Amazon

Red Tail Catfish

Ikan dari jenis lele ini memiliki warna dan bentuk kepala yang unik sehingga menjadi incaran para kolektor ikan hias dan predator.

Red Tail Catfish ini mampu tumbuh besar hingga sekitar 1 m dengan berat 80 kg. Walaupun besar, ikan ini dapat dipelihara di akuarium. Namun anda butuh akuarium yang cukup besar untuk menampung ikan RTC yang cantik ini. 

Ikan red tail catfsih terbesar

Ciri Fisik


Red Tail Catfish merupakan ikan dari keluarga lele yang berasal dari sungai di Amerika Selatan. Ikan Red Tail Catfish atau biasa disebut RTC ini berhabitat di sungai Amazon, Orinoco dan dibagian lembah sungai Essequibo.

Ikan RTC memiliki kepala yang besar dan melebar yang mirip seperti tokoh kartun Doraemon. 

Wajahnya miripsekali dengan ikan lele yang sering kita konsumsi, namun ciri khas di ikan ini adalah memiliki warna orange diekornya dan warna putih dibagian perutnya dan terkadang ada bintik seperti pola batik dikepalanya.

Seiring bertambah umur dan ukuran, warna orange ikan rtc semakin mencolok. Hal tersebut menjadikan ikan ini sangat menarik dan terlihat unik untuk dipelihara.

Red tail catfish termasuk ikan predator yang sangat rakus dan Ikan RTC juga termasuk ikan omnivora yang berarti pemakan segalanya, memakan apapun yang sekiranya muat di mulutnya yang lebar dalam kondisi hidup atau bahkan mati.

Karena kerakusannya tersebut membuat ikan ini tumbuh sangat cepat.  Di indonesia ikan ini sangat familiar, karena sudah banyak peternak yang sudah berhasil membudidayakan ikan rtc ini.

Menggabungkan Red Tail Catfish Dengan Ikan Lain?


Ikan RTC termasuk ikan yang jinak atau aman jika digabungkan dengan ikan lainnya. Tapi perlu diperhatikan soal ukuran harus sama atau sepadan. 

Jika tidak sepadan maka bisa jadi ikan yang lebih kecil menjadi santapan ikan RTC, mengingat ikan tersebut memiliki mulut yang lebar.


Red tail catfish tergolong ikan tipe bawah, yang berarti lebih aktif berenang dibawah serta bisa difungsikan sebagai ikan pembersih akuarium kalian. 

Karena ikan rtc mampu membersihkan sisa-sisa makanan yang berada dibawah dasar akuarium kalian.

Wilayah Penyebaran


Bicara soal penyebaran ikan rtc bisa dibilang cukup luas. Selain dari sungai Amazon, Orinoco dan Esseqquibo, ikan RTC juga banyak tersebar di beberapa negara di Amerika Latin seperti Kolombia, Guyana, Ekuador, Peru, Venezuela, Bolivia dan pastinya di Brazil. 

Bagaimana sobat? Apakah tertarik memelihara ikan RTC untuk menambah koleksi ikan predator kalian?

Saya sarankan anda mempersiapkan akuarium yang cukup besar paling tidak ukuran 150x50x50 untuk memelihara ikan tersebut. Ikan rtc juga sangat cocok untuk teman ikan jenis lainnya.


Itulah tadi sekilas mengenai ikan red tail catfish si ikan lele dari amazon.

Semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca artikel lainnya mengenai ikan hias dan ikan predator di iwakgalak.com

0 Response to "Red Tail Catfish Si Ikan Lele Terbesar Dari Amazon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel