Ikan Payara Armatus Si Ikan Vampire

Ikan Payara Armatus


Ikan payara memiliki tubuh yang cukup mengerikan dan biasa disebut sebagai ikan vampire. Ikan ini mempunyai wajah yang seram dan gigi yang sangat tajam, namun ikan payara memiliki keunikan yang menarik untuk kita bahas.

Ikan Payara si Vampire
   
 
Ikan Payara merupakan ikan yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Ikan Payara atau nama latinnya Hidrolycus Armatus mampu tumbuh mencapai 100 cm. 

ikan payara sangat populer dikalangan pecinta ikan predator karena memiliki gigi yang mirip seperti vampir, maka dari itu ikan Payara dijuluki Vampire Fish. 

Walaupun mirip seperti vampir bukan berarti penghisap darah loh ya. 

Makanan dan Karakteristiknya

Ikan Payara lebih suka memakan pakan hidup karena itu ikan ini termasuk ikan Piscivores. Ikan ini termasuk jenis ikan pemakan segala atau omnivora.  

Payara memiliki ciri khas gigi taring seperti vampir, ikan payara terkenal cukup agresif, bahkan agresifitas ikan ini mampu melebihi ikan piranha yang terkenal sangat ganas.

Karena keunikannya tersebut membuat ikan payara dibandrol cukup mahal di pasaran Indonesia serta menjadi incaran para kolektor ikan predator. Ikan ini masih belum banyak yang masuk ke Indonesia. Jika kalian ingin membelinhya pastikan tabunganya cukup ya hehe.

Baca Juga : Jenis-jenis Ikan Peacock Bass 

Bentuk fisik ikan Payara sangat unik, ikan Payara memiliki gigi seperti vampir yang bertaring panjang dan rahang bagian bawah lebih maju, Tapi bedanya sama vampir ialah kalau vampir taringnya mengarah ke atas, sedangkan payara armatus mengarah ke bawah.

Ikan Payara merupakan yang terbesar di jenisnya dan pertumbuhan ikan Payara Armatus bisa dibilang sangat cepat. 

Jika kalian ingin memelihara ikan tersebut, anda harus memiliki akuarium yang cukup besar, mengingat ukuran payara armatus mampu mencapai 100 cm atau kira beratnya sekitar 9 kg. Wow, gede banget kan sobat.

Habitat dan Cara Perawatan

Ikan yang memiliki warna keperakan ini berhabitat di sungai Amazon dengan arus yang deras dan keruh serta hidup di suhu sekitar 27-32 derajat celcius. 

Ikan payara tergolong ikan yang agresif dan sangat cepat saat memangsa buruannya. Bicara soal makanan, ikan payara memakan apapun yang sekiranya muat dan masuk kedalam mulutnya yang lebar.

Jadi saya sarankan untuk tidak menggabungkan dengan ikan lain yang ukurannya lebih kecil, karena dapat menjadi mangsanya.

Baca Juga : Ikan Channa Maruliodes dan perbedaan Maru Sumatera dengan Borneo

Ikan payara termasuk ikan predator golongan tipe tengah, yang dimaksud tipe tengah adalah sering berenang di tengah-tengah akuarium atau tank. 

Fungsi dari tipe tengah tersebut ialah dapat membantu membersihkan makanan yang berposisi tanggung serta meramaikan isi akuarium.

Jika kalian berminat untuk memelihara ikan payara armatus, pastikan kalian memiliki sistem filtrasi yang berkualitas, oksigenasi yang sangat baik dan saya sarankan rajin untuk mengganti air 30 % tiap minggu. 

Desainlah akuarium sedemikian rupa seperti habitatnya agar dapat berkembang dengan baik.

Itulah tadi sekilas mengenal ikan payara yang memiliki julukan ikan vampire.

Semoga bermanfaat sob!

Jangan lupa baca artikel lain mengenai ikan predator dan ikan hias di iwakgalak.com

0 Response to "Ikan Payara Armatus Si Ikan Vampire"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel