Mengenal Ikan Tiger Sholvenose Catfish Si Predator dari Amazon

Ikan Tiger Sholvenose

Sudah bukan rahasia umum bahwa ikan hias merupakan hewan yang sangat digemari sebagian orang untuk di jadikan hewan peliharaan. Bentuknya yang lucu dan menggemaskan memang sangat cocok untuk hiasan dirumah.

Namun akhir-akhir ini banyak penghobi ikan yang melirik jenis ikan predator air tawar. Bentuknya yang unik dan memiliki karakter ganas menjadi daya tarik tersendiri untuk di pelihara. Salah satu ikan predator yang banyak dicari oleh para penghobi ikan adalah Tiger Shovelnose.

Kali ini iwakgalak.com akan sedikit berbagi pengetahuan mengenai ikan Tiger Shovelnose mulai dari ciri fisik, makanan dan cara perawatannya. Buat kalian yang tertarik untuk memelihara ikan ini wajib menyimak ulasan berikut: 

harga ikan tiger shovelnose catfish

Ikan tiger shovelnose merupakan salah satu jenis ikan predator yang sangat diminati karena keunikan dan corak di tubuhnya. Ikan ini mempunyai nama latin Phseudoplatystoma faciatium dan masih termasuk kedalam keluarga lele ( Catfish).

Tiger Shovelnose atau yang biasa dikenal dengan TSN merupakan ikan yang berasal dari sungai Amazon Amerika Selatan. 

Pada saat dewasa Tiger Shovelnose mampu tumbuh hingga mencapai 1 meter loh sob. Ikan tiger shovelnose tergolong salah satu ikan yang langka loh , sehingga membuat harganya menjadi cukup mahal. Maka dari itu, ikan ini banyak dicari oleh para penghobi untuk menghiasi akuariumnya dirumah.

Ciri fisik Ikan Tiger Sholvenose


gambar ikan tiger Sholvenose catfish

Ikan Tiger Shovelnose memiliki mulut yang lebar dan pipih serta mempunyai kumis seperti ikan lele biasa. Ikan ini berwarna silver dan juga memiliki warna pola garis belang-belang yang menarik.

Jika dilihat sekilas terlihat seperti ikan lele biasa, namun yang membuat khas dari ikan ini adalah garis belang hitam layaknya harimau. Sehingga ikan ini diberi nama Tiger Shovelnose Catfish.

Makanan Ikan Tiger Sholvenose


Di alam bebas ikan Tiger Shovelnose biasa memakan  apa saja yang sekiranya muat masuk di mulutnya yang lebar. Tapi biasanya para penghobi memberi pakan hidup seperti cacing, ulat, jangkrik, udang dan ikan kecil-kecil.

Ikan ini termasuk jenis ikan yang pertumbuhannya sangat cepat. Nah, jika kalian menginginkan ikan
ini cepat besar, berilah pakan alami dan tempat tinggal yang luas sob.

Penyebaran dan habitat


Habitat Tiger Shovelnose Catfish adalah wilayah Amazon dan sering ditemukan di perairan La Plata, Orinoco, Essequibo, Corintijns dan ParanĂ¡ Sungai cekungan.

Ikan Tiger Shovelnose  menyukai tinggal di arus yang lambat dan hidup di kisaran suhu 72-79 ° F (22-26 C °). Ikan ini sering ditemui di area dasar yang di penuhi batu-batuan.


Tips Perawatan Ikan Tiger Sholvenose


Sebelum kalian memelihara ikan Tiger Shovelnose, pastikan kalian mempunyai akuairum yang luas. Kalian juga perlu setting akuarium sesuai dengan habitatnya agar ikan tersebut merasa nyaman tinggal di akuarium, dan pastikan kalian harus menutup akuarium karena ikan ini mudah melompat.

Jangan campur ikan ini dengan jenis ikan lainnya, apalagi yang ukurannya lebih kecil, karena pasti akan menjadi santapan si ikan predator ini. Lebih baik ikan ini di tempatkan di single tank.
Dan ingat, jangan melepas ikan ini ke sungai karena dapat mengganggu ekosistem asli tempat tersebut.


Bagaimana sob, Apakah kalian tertarik untuk memelihara ikan ini?

Pastikan kenali dulu ikan ini dan pelajari cara perawatan sebelum memeliharanya ya sob. 

Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat!

Janagan lupa baca artikel lain mengenai ikan hias dan ikan predator di iwakgalak.com

0 Response to "Mengenal Ikan Tiger Sholvenose Catfish Si Predator dari Amazon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel