4 Penyebab dan Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan


Penyebab Arwana Tidak Mau Makan - Arwana merupakan salah satu ikan yang menjadi primadona di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Bentuknya yang unik, dan memiliki warna yang indah menjadi keunikan tersendiri bagi ikan ini. 

Karena keunikannya, harga ikan arwana ini pun cukup mahal. Mulai kisaran ratusan ribu bahkan hingga ratusan juta rupiah. 

Buat anda yang ingin memelihara ikan arwana, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu resiko atau kendala dalam pemeliharaanya. Seperti manusia, pasti ikan juga akan mengalami sakit, stres dan lain-lain. Semua faktor tersebut bisa kita atasi jika anda melakukan pemeliharaan dengan baik dan benar. 


penyebab arwana tidak mau makan 

Arwana merupakan salah satu jenis ikan yang lahap ketika makan. Namun apa jadinya jika anda melihat ikan arwana ini kurang nafsu makan? Pasti ada penyebab ikan ini tidak mau makan. 

Jika sudah begitu cari tahu penyebab ikan arwana anda yang tidak mau makan dan cara mengatasinya melalui ulasan berikut ini :

Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan


1. Pindah di tank baru


Hal ini biasa terjadi ketika ikan arwana dimasukkan ke dalam akuarium atau ketempat yang baru. Biasanya ikan arwana akan stres dan tidak mau makan. Arwana adalah salah satu ikan yang tergolong susah beradaptasi dilingkungan yang baru. Ikan ini membutuhkan beberapa hari untuk beradaptasi, jadi jangan panik ya sob!


Solusinya adalah tunggu beberapa hari hingga ikan ini nyaman di tempat barunya, biasanya tidak lama 5-7 hari saja nanti si ikan pasti akan makan lagi. 

2. Kualitas air buruk


Penyebab kedua arwana tidak mau makan yaitu karena kualitas air buruk. kualitas air yang buruk sangat mempengaruhi kondisi ikan arwana. Yang dimaksud kualitas air yang buruk disini adalah terlalu banyak kotoran ikan atau anomia di dalam tank yang tidak dapat tersaring dengan baik di filter anda, sehingga air menjadi kotor.

Selain karena kondisi air yang buruk, bisa juga karena perubahan pH air. Perubahan pH air yang terlalu cepat  sangat mengganggu keseimbangan air. 

Solusinya cukup gampang, cukup ganti air yang ada di akuarium. Namun jangan semuanya ya sob, cukup 1/6 dari volume air. Tunggu beberapa saat hingga airnya jernih dan coba beri pakan lagi. Selain itu anda juga harus mencuci kapas berskala 2-3 hari sekali, lalu ganti yang baru.

3. Arwana sedang sakit


Nah kemungkinan besar arwana tidak mau makan bisa disebabkan karena dia sedang sakit. Seperti halnya manusia kalau sedang sakit juga tidak nafsu makan ya sob. 


Langkah yang harus kalian lakukan jika ikan arwana sedang sakit ialah cari tahu dahulu penyakitnya, lalu obati arwana dengan baik dan benar.

4. Pemberian pakan


Penyebab yang selanjutnya yaitu dalam pemberian pakan telalu sering. Namun bisa juga karena anda tidak variatif dalam pemberian pakan. 
Ikan arwana biasanya suka dengan pakan yang hidup. Seperti contohnya jangkrik, tapi dalam pemberian pakan jangan itu-itu saja karena ikan arwana akan bosan dan akhirnya tidak mau makan.


Mengatasi Arwana Tidak Mau Makan


Jika sudah begitu solusinya adalah kombinasikan pakan arwana agar tidak bosan. Dan patut diperhatikan juga jangan terlalu sering memberi makan arwana, cukup 2 kali sehari saja untuk arwana dewasa. Sesuaikan pakan untuk arwana yang masih kecil dan yang sudah besar. 

Beri pakan arwana kecil dengan makanan yang lembut seperti cacing beku. Dan jika ukuranya sudah agak besar baru beri arwana dengan pakan jangkrik, ulat hongkong, serangga dan lain-lain.

*Catatan : Jika ikan arwana tetap tidak mau makan anda bisa memberinya pil hobbies. Pil ini biasa digunakan untuk merangsang nafsu makan ikan. Setelah itu atur heater kurang lebih 30ÂșC.

Nah itu tadi sob beberapa penyebab dan solusinya jika arwana tidak mau mkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu anda. 

0 Response to "4 Penyebab dan Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel