9 Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Bagus


9 Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus - Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan yang mudah dipelihara. Tidak perlu memiliki wadah khusus dan luas. Ikan cupang juga tidak membutuhkan alat bantu seperti aerator dan pompa air yang membuat kalian harus mengeluarkan ongkos lagi untuk membelinya.


Bisa dibilang memelihara ikan cupang itu tidak ribet, tapi bukan berarti terus asal-asalan soal memberinya makanan.


Sama seperti ikan hias lainnya, ikan cupang juga membutuhkan makanan yang bergizi agar ikan peliharaan kita tumbuh dengan baik dan memiliki warna yang bagus.



lalu, ikan cupang bagusnya makan apa? Yuk simak rekomendasi makanan ikan cupang agar warnanya bagus.

1. Kutu Air

makanan ikan cupang

 

Memberi pakan berupa kutu air sangat bermanfaat untuk membantu mencerahkan warna ikan cupang.

Biasanya para penghobi ikan cupang memberi pakan kutu air pada saat ikan berukuran remaja. Kenapa? Karena makanan tersebut dapat memperkuat tulang si ikan.

2. Udang

makanan ikan cupang

Banyak orang mempercayai bahwa memberi makanan berupa udang adalah pakan yang terbaik untuk semua ikan hias termasuk ikan cupang.

Pemberian udang dapat dipercaya membuat warna ikan cupang jadi lebih cerah dan tegas. Kalian bisa memberi pakan udang kering maupun udang hidup yang berukuran kecil.

3. Cacing sutra

makanan ikan cupang


Cacing sutra adalah makanan favorit bagi ikan cupang. Makanan yang lembut ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

Makanan cacing sutra bisa jadi pilihan ketika kalian kehabisan pakan. Ia sangat mudah sekali didapatkan, kalian bisa mencari di selokan atau sungai kecil.

Tapi ingat, cuci bersih terlebih dahulu agar ikan cupang tidak terkena penyakit.

4. Kuning Telur

makanan ikan cupang


Kuning telur cocok untuk ikan cupang karena mengandung gizi dan protein yang tinggi. Cara membuat makanan ikan cupang dari kuning telur ialah dengan merebus kuning telur terlebih dahulu.

Baca Juga : 9 Makanan Ikan Cupang Bernutrisi Tinggi

Setlah itu, berikan sedikit demi sedikit kepada ikan cupang dan jangan terlalu sering karena sisa kuning telur dapat menyebabkan akuarium menjadi kotor.

5. Cacing Darah

makanan ikan cupang

Cacing darah atau Bloodworm merupakan cacing yang mempunyai warna merah menyala dan bisa dijadikan sebagai pilihan untuk makanan ikan cupang.

Cacing ini mengandung gizi dan protein meskipun tidak terlalu tinggi, lebih baik cacing darah ini dijadikan sebagai pakan alternatif saja. Pakan jenis ini dipercaya baik untuk mendapatkan hasil warna yang cantik pada ikan cupang hias.

Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus


Ada juga makanan mengapung yang sengaja di buat untuk meningkatkan warna ikan cupang agar terlihat lebih cerah dan cantik, khususnya untuk ikan hias. Simak rekomendasi berikut ini:

1. Pelet Aqualife Betta S2


Pelet ini adalah pengganti pakan hidup yg terbuat dari bahan alami yg bisa membentuk body serta mental ikan cupang kesayangan kalian.

Baca Juga : Makanan Ikan Arwana Terbaik

Aqualife Betta merupakan produk pakan asli dari Indonesia yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dengan multivitamin, mineral ektrak daun ketapang.

Tujuannya adalah untuk menjaga imunitas serta betacarotone Alami memproses pertumbuhan tubuh dan dapat merangsang warna asli ikan cupang.

2. Pelet MeM


Sebagian penghobi ikan hias pasti tidak asing dengan merk pelet ini.

Pelet mem merupakan pelet ikan hias yang berasal dari belgium. Pelet ini baik sekali untuk pertumbuhan dan warna ikan.

Selain itu pelet ini mempunyai ukuran yang berbeda-beda bahkan ada ukuran yang sangat kecil sekali untuk burayak umur 1 bulan lebih.

3. Pelet Atison's Betta Pro


Pelet ikan cupang atisons betta pro buatan ocean nutrition merupakan pelet buatan USA. Tapi sayangnya harga pelet ini cukup mahal.

Pelet ini sengaja dibuat untuk menghasilkan makanan yang bergizi khusus ikan cupang. Biasanya pelet ini diberikan pada ikan umur 6 bulan keatas.

4. Memberikan Daun ketapang


Memberikan daun ketapang pada ikan cupang adalah hal yang tidak asing lagi bagi para penggemar betta. Daun ketapang bermanfaat untuk membantu mencerahkan warna pada ikan cupang.

Dan daun ketapang kering dapat menghasilkan zat organik yang berguna untuk menurunkan kadar pH serta menyerap zat kimia dalam udara.

Waktu Pemberian Pakan Ikan Cupang


Berapa kali sehari memberi makan ikan cupang? Berilah pakan ikan cupang sehari 2 kali secara teratur. Sekali makan anda dapat memberikan 3 cacing darah atau 3 butir pelet untuk satu ikan.

Berikan pakan yang seukuran dengan bola mata ikan cupang, karena perut ikan cupang berukuran hampir sama dengan bola matanya.

Dalam pemberian pakan harus bervariasi atau tidak monoton minimal seminggu sekali. Dan dalam pemberian pakan kering seperti cacing darah dan pelet, sebaiknya direndam terlebih dahulu sebelum diberikan ke ikan.

Jika ikan tidak menghabiskan pakan yang diberikan, maka kurangi jumlah anda harus mengurangi jumlahnya. Dan jangan lupa untuk membersihkan pakan yang tidak dihabiskan, karena akan memicu timbulnya bakteri.


0 Response to "9 Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel