Mengenal Jenis Tanaman Aquascape Dwarf Baby Tears atau Hemianthus Callitrichoides

Tanaman Aquascape Dwarf Baby Tear

Tanaman Dwarf Baby Tears adalah salah satu jenis tanaman karpet yang berasal dari Kuba Amerika Utara dan mempunyai nama ilmiah Hemianthus Callitrichoides. Di negara asalnya, tanaman ini banyak ditemukan di daerah sungai dataran tinggi dan sungai Havana Kuba. 


jenis tanaman aquascpe
Photo by : ikanesia.id

Profil tanaman

  • Nama ilmiah: Hemianthus callitrichoides
  • Nama umum: HC, Dwarf Baby Tear, Cuba
  • Family : Scrophulariaceae
  • Negara Asal: Amerika Utara
  • Tinggi maksimum: Hingga 3 cm / 1.2 "
  • Lebar (setiap batang): 1cm + / 0,4 "
  • Suhu: 18-28 ° C / 64-82 ° F
  • Kekerasan: sangat lembut sampai keras
  • pH: 5-7,5
  • Tuntutan cahaya: medium - tinggi
  • Tingkat pertumbuhan: lambat-sedang
  • Tuntutan CO2: medium - tinggi


Tanaman dwarf baby tears ini akan tumbuh seperti karpet yang menyebar meluas melalui tunas yang tumbuh dibawah substrat. Jenis tanaman ini merupakan tanaman yang membutuhkan CO2 yang lumayan tinggi.

Para pembuat aquascape biasanya menempatkan pada bagian paling depan (Foreground) aquascape. Ciri khas tanaman ini memiliki daun yang kecil-kecil, tumbuh rendah dan padat sehingga sangat cocok apabila dijadikan karpet pada bagian depan aquascape.

Perawatan Dwarf Baby Tears atau HC


Tanaman dwarf baby tears menjadi salah satu tanaman aquascape yang sangat mudah dirawat. Kalian hanya perlu memberi pencahayaan secukupnya agar tanaman dwarf baby tears ini tetap tumbuh dengan baik. Tapi untuk pertumbuhan dan warna terang tanaman ini akan lebih maksimal apabila kalian memberinya substrat yang kaya akan nustri.


Dan kalian wajib memperhatikan tanaman ini karena memiliki tampilan yang sangat kecil dan rendah menempel pada substrat. Maka dari itu akuarium kalian harus memiliki tingkat sirkulasi yang baik untuk meningkatkan difusi karbon. 


Cara Menanam Tanaman Dwarf Baby Tears atau HC


Cara menanam tanaman ini cukup dengan memisahkan tanaman dan rockwool dari pot, membagi tanaman / rockwool setiap 1cm persegi lalu potong dengan gunting. Selanjutnya menanamnya bersama rockwool yang masih menempel ke dalam substrat. Tanaman lambat laun akan mulai menyebar membentuk karpet setelah seminggu atau lebih. 


Penanaman akan lebih baik dilakukan dalam kondisi substrat lembab dan tanpa air yang ditambahkan ke akuarium. Nah, setelah penanaman selesai, tanki akuarium baru dapat di isi pelan-pelan tanpa menimbulkan gejolak untuk mencegah tanaman ini mengambang lepas dari substrat.

Tanaman Hemianthus callitrichoides ini tidak menuntut pencahayaan terlalu tinggi, yang terpenting adalah menyediakan nutrisi yang mencukupi termasuk karbon, nitrogen dan juga sirkulasi.

Mungkin itulah tadi sekilas mengenai salah satu tanaman aquascape yang cukup populer dan biasa dijadikan karpet dan ditempatkan di foreground. Jika ingin mengenai jenis tanaman aquascape lainnya, baca artikel jenis-jenis tanaman aquascape untuk pemula.

Semoga bermanfaat!

0 Response to "Mengenal Jenis Tanaman Aquascape Dwarf Baby Tears atau Hemianthus Callitrichoides"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel